KLIK GAMBAR UNTUK KUNJUNGI TOKO ONLINE KAMI

Jumat, 09 Oktober 2015

Andy Warhol, Seniman Pop Art Sepanjang Masa



Seniman pop art ini terlahir dengan nama Andrew Warhola pada 6 Agustus 1928 di Pitssburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Tidak ada yang menyangka bahwa seniman  keturunan Slovakia ini akan melegenda di dunia seni. Hal ini dikarenakan Andy Warhol yang terlahir dari keluarga pekerja konstruksi yang sama sekali tidak tertarik pada seni.

www.hepisoda.com


www.pizzajoss.com

Bagi Andy Warhol seperti dilansir dari Hai disebutkan bahwa seni adalah hidupnya. Pada awalnya ada dua bidang yang memang disukainya saat SMA, itu adalah menggambar dan melukis. Karena kesukaannya inilah Andy Warhol memilih untuk berkuliah di Carnegie Institute of Technology, Pittsburgh.
Andy Warhol mengambil jurusan Commercial Art dan lulus tahun 1949, setelah itu dia bekerja di majalah Vogue dan Harper’s Bazaar sebagai ilustrator dan dalam nggak pakai lama dia dikenal sebagai ilustrator komersial tersukses di kota New York.
Banyak yang membuat Andy Warhol itu dikenang. Diantaranya adalah karya visual yang berhubungan dengan produk massal dan silkscreen printing wajah yang terkenal.
Yang membuat dia menjadi terkenal adalah kemampuan meminimalisir batas antara fine art dan commercial art.
Di tangan Andy Warhol, commercial art bisa dipandang sebagai fine art. Dia menggunakan banyak saluran untuk mengutarakan pesan komersil. Seperti melalui komik, illustrasi, album sampai ke advertising campaign.
Ada satu kutipan yang sangat menggambarkan filosofi Warhol dalam berkesenian. “When you think about it, department stores are kind of like museums.”
Untuk mewujudkan mimpinya itu, Dia mendirikan The Factory pada tahun 1962, di sana dia memproduksi barang-barang seperti tas dan sepatu yang didesain sebaik mungkin untuk diproduksi massal.
Sampai akhir hayatnya di tahun 1987, Andy Warhol memperlihatkan semangat untuk bekerja yang luar biasa. Dia mencoba berbagai genre seni, dan sempat juga menjadi sutradara dan produser.
Ambisinya adalah terus bekerja dan menjadi kaya. Konsisten dengan semboyannya berkesenian. “Making money is art, and working is art and good business is the best art.”. Sangat menginspirasi!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar